Blogger news

Pages

Translate

Excelent

Senin, 22 Juni 2015

Makala Potensi Sumber Daya Tambang





Perhatikanlah keadaan sekitar tempat tinggal kamu masing-masing! Adakah kegiatan penambangan yang dilakukan oleh penduduk di sekitar tempat tinggal kamu? Kegiatan penambangan apakah yang umumnya dilakukan oleh mereka? Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri. Aktivitas pertambangan telah menghasilkan banyak devisa bagi Indonesia. Seberapa besarkah potensi tambang di Indonesia? Di manakah jenis dan lokasi pertambangan di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikanlah peta berikut ini.

POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG ( PASIR BESI)

Daerah penghasil pasir besi:
-sidenreng rappang
-bone
-soppeng
Manfaat pasir besi:

·  Pemakaian pasir besi sebesar 80 % dari berat pasir total memberikan kuat tekan   maksimum diantara kadar pasir besi yaitu 42,65 MPa dan dapat meningkatkan kuat tekan sebesar 28,41 % dibandingkan beton normal.

·  Pemakaian pasir besi sebesar 80 % dari berat pasir total memberikan kuat tekan maksimum diantara kadar pasir besi yaitu 3,07 MPa dan meningkatkan kuat tarik belah sebesar 4,84 % dibandingkan beton normal.

·  Pada pasir besi ini meningkatkan kuat tekan dan kuat tarik belah hingga 80 %, hal ini dimungkinkan karena selain sifat filler juga sifat kimiawi pasir besi yang mengandung SiO2 sehingga membantu kinerja semen sebagai bahan pengikat.

 POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG ( EMAS )
Daerah penghasil emas:
-toraja                        -barru
-gowa                         -jeneponto
-bone                          -barru
-pangkep
         Manfaat emas:
1.       Sebagai Sebagai Investasi jangka panjang
2.       Pembeda prestise/ kedudukan dalam kehidupan
3.        Sebagai Aksesoris.

POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG (SEMEN)

Daerah penghasil semen:
-tonasa
-jeneponto
-maros
  Manfat semen:
gunakan untuk konstruksi bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal tinggi pada fase permulaan setelah pengikatan terjadi, misalnya untuk pembuatan jalan beton, bangunan-bangunan tingkat tinggi, bangunan-bangunan dalam air yang tidak memerlukan ketahanan terhadap serangan sulfat.

POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG (BATU GAMPING)

Daerah penghasil batu gamping:
-kabupaten maros
-pare –pare
-makassar
Manfaat batu gamping:
Ada banyak sekali Manfaat Batu Kapur / Gamping diantaranya sebagai untuk bahan kaptan, bahan mentah semen, karbit, bahan pemutih dalam pembuatan soda abu, penetral keasaman tanah, bahan pupuk, industri keramik, industri karet dan ban, kertas, penstabil jalan raya, bahan tambahan dalam proses peleburan dan pemurnian baja, bahan penggosok, pembuatan alumina, floatasi, pembuatan senyawa alkali, pembasmi hama, industri kaca, bata silica, bahan tahan api dan penjernihan air.
 
POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG (TEMBAGA)
Daerah penghasil tembaga:
-muara sipeng
-sangkarappi
Manfaat tembaga:
Tembaga merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang sangat bermanfaat dan sangat banyak peralatan sehari hari. Tembaga merupakan salah satu bahan yang juga berfungsi untuk membentuk bahan lainnya. Contohnya adalah kuningan yang merupakan campuran antara tembaga dan seng. Manfaat tembaga dalam kehidupan sehari hari sangat banyak digunakan untuk penghantar panas dalam dunia listrik.

POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG ( BATU BARA)
Daerah penghasil batubara:
-sinjai
-bontoa
-mallawa
-taccepa
-panaikang
Manfaat batu bara:
·  bahan bakar pembangkit  listrik
·  produksi besi dan baja
·  bahan bakar pembuatan semen
·  bahan bakar cair.
POTENSI SUMBER DAYA TAMBANG
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
ALIFYARAMADANI HIDAYAH
KELAS : VII AKSELERASI



SMP NEGERI 2 PANGKAJENE





Tidak ada komentar:

Posting Komentar